Tingkatkan Loyalitas Konsumen Dengan Analitik Big Data

Dalam sebuah bisnis, konsumen adalah kuncinya, di mana jasa atau produk yang kita berikan pada akhirnya harus mendapatkan ketertarikan dari konsumen untuk membelinya. Hal yang tak kalah penting adalah loyalitas konsumen sebagai aspek bisnis penting yang harus dikelola agar konsumen setia menggunakan jasa atau produk kita dan tidak mudah tertarik oleh kompetitor. Kehilangan konsumen, walaupun jumlahnya sedikit, dapat memberi dampak yang merugikan pada unit bisnis Anda dalam jangka panjang.

Terlepas dari kualitas jasa atau produk dari unit bisnis Anda, memenangkan hati konsumen dengan memperlakukan mereka dengan baik dan menunjukkan kepada mereka promosi yang ditargetkan. Dengan lebih berfokus pada menarik konsumen dengan metode penjualan dan promosikan silang, maka penggunaan dana pemasaran pun  lebih efisien. Oleh sebab itu, analitik Big Data sangat berguna untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan Big Data, unit bisnis Anda dapat memahami konsumen dan membuat mereka melakukan pemesanan kembali.

Dengan melakukan analisis Big Data, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat terkait loyalitas konsumen, yaitu:

Melacak dan Analisis Peristiwa Konsumen.

Melalui interaksi dengan pelanggan, Anda akan mendapatkan banyak data yang dapat dikumpulkan. Big Data memungkin Anda untuk melacak hal-hal seperti panggilan terputus, penerbangan tertunda, kesalahan situs, dan banyak lainnya dari konsumen Anda. Menganalisis data dari berbagai peristiwa di atas akan membantu Anda untuk mengidentifikasi permasalahan yang kerap terjadi pada konsumen dan Anda dapat memberikan rujukan solusi kepada mereka.

Memprediksi Perilaku Masa Depan

Analisis prediktif dapat dilakukan dengan mengolah data dari kejadian serta perilaku konsumen di masa lalu yang digunakan untuk memprediksi reaksi konsumen bereaksi terhadap masalah serupa di masa mendatang beserta saran solutif dari Anda kepada mereka. Data terkait kejadian di masa lalu dapat memberikan wawasan tentang seberapa besar kemungkinan konsumen akan pergi, memberikan ulasan buruk, atau melakukan tindakan negatif lainnya sebagai tanggapan atas pengalaman negatif. Dengan pengolahan big data yang baik, maka Anda dapat memberikan respons seperti menawarkan kupon atau kompensasi lainnya.

Mengidentifikasi Konsumen Utama

Mendapatkan konsumen baru merupakan sebuah keuntungan, dan Anda perlu mengidentifikasi kemungkinan bahwa konsumen tersebut kemungkinan besar akan kembali untuk melakukan pembelian jasa atau produk. Dengan layanan analitik Big Data, Anda dapat menemukan pola dari perilaku konsumen dan menarik kesimpulan yang memungkinkan perusahaan untuk menargetkan konsumen utama dengan lebih tepat.

Dari paparan di atas, analitik Big Data memberikan banyak manfaat pada unit bisnis Anda. Hasil analitik tersebut akan membantu tim unit bisnis Anda dalam membuat program loyalitas konsumen. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan strategi pengolahan Big Data untuk mendapatkan wawasan dari kepuasan pelanggan, mendorong loyalitas konsumen, dan menjadi lebih kompetitif.

  1. Doronglah unit bisnis Anda agar dapat gesit dalam mengolah Big Data dan menyesuaikan strategi yang menyesuaikan dan mengikuti hasil analitik Big Data.
  2. Memberikan kualitas di atas kuantitas.Dari semua data yang Anda ambil dari Big data, pilih yang paling penting untuk situasi saat ini. Pastikan strategi yang Anda buat merupakan solusi terbaik dari analitik Big Data
  3. Hindari titik buta.Pastikan Anda dan tim menangkap semua informasi penting dari Big Data. Pahami segala sesuatu yang mempengaruhi pengalaman dan perilaku konsumen tanpa celah sedikitpun.
  4. Bertanyalah kepada konsumen tentang kebutuhan mereka.Hindari berasumsi dan mulailah ajak konsumen Anda untuk berpartisipasi menyampaikan wawasan mereka terkait jasa atau produk Anda yang dilakukan dengan perbandingan analitik dari Big Data.
  5. Gunakan jaringan komunikasi yang unit bisnis Anda miliki sebaik mungkin.Layaknya tambang emas, jaringan komunikasi dengan konsumen memiliki potensi yang luar biasa penting. Maka gunakan jaringan komunikasi tersebut untuk membantu Anda mendapatkan, memilah dan mengolah Big Data sehingga pada akhirnya meningkatkan profitabilitas.

 Melakukan analisis Big Data harus dilakukan secara terus menerus karena perilaku dan preferensi konsumen berubah sepanjang waktu. Oleh sebab itu analitik Big Data perlu dilakukan secara real-time oleh tenaga yang berkompeten untuk mengoperasi berbagai alat analitik. Telkom DWS tentu akan memberikan potensi terbaik melalui peralatan terkini untuk memahami pengolahan Big Data dan juga berbagai kebutuhan digital lainnya yang dibutuhkan unit bisnis Anda. Tingkatkan loyalitas konsumen bersama Telkom DWS.

Sumber:

https://www.quantzig.com/how-big-data-analytics-can-improve-customer-loyalty/

https://www.smartdatacollective.com/using-big-data-analytics-to-drive-customer-loyalty-business/