Tambahan Pengeluaran Jika Anda Ingin Punya Genset Sendiri

 

Menekan biaya yang dikeluarkan untuk operasional produksi menjadi salah satu kiat yang diterapkan sebuah perusahaan untuk memaksimalkan pendapatan. Untuk menerapkan kiat tersebut, pastinya setiap perusahaan memiliki pertimbangan sendiri tanpa mengorbankan performa. Salah satunya untuk penyediaan genset.

Ada beberapa macam post pengeluaran saat perusahaan Anda memutuskan untuk memiliki genset sendiri. Biaya tersebut antara lain untuk;

Operasional dan Pemeliharaan

Saat perusahaan Anda memiliki genset sendiri, maka akan mempekerjakan operator dan teknisi. Selain itu, mereka akan membutuhkan suplai barang-barang untuk perawatan dan penggunaan  genset, misalnya bahan bakar, oli, air untuk radiator, bermacam filter, fan belt dan lain sebagainya.ini adalah pembiayaan yang bisa dikatakan bersifat reguler alias rutin dialokasikan.

Service, Tune-up dan Overhaul

Selain biaya reguler di atas, Anda juga harus siap dengan biaya untuk melakukan tune up (penyetelan), overhaul yang disesuaikan berdasar durasi penggunaan dan merujuk pada spesifikasi pabrik. Sayangnya, terkadang biaya semacam ini tidak terduga meskipun melakukan perawatan rutin.

Sparepart

Salah satu post pembiayaan tak terduga lainnya adalah untuk berbelanja sparepart (suku cadang) yang biasanya hanya diketahui saat melakukan perbaikan. Selain kapan munculnya, biaya ini juga tidak dapat diprediksi berapa habisnya.

Selain beberapa hal di atas, dalam perhitungan akuntansi juga terdapat beberapa kerugian yang harus ditanggung lantaran memiliki genset ini. Biaya penyusutan  dan membayar cicilan untuk pembelian kredit bisa menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan saat ingin membeli unit generator yang harganya juga tidak bisa dikatakan murah ini.

Jika Anda sudah mengincar produk genset tertentu di pasaran, maka alokasi dana untuk berbagai macam pembiayaan di atas pastinya sudah bisa Anda kalkulasikan. Berikutnya Anda dapat menghitungnya dalam basis pengeluaran tahunan maupun bulanan.

Berbagai pembiayaan di atas dapat Anda bandingkan dengan penggunaan jasa rental genset. Ada banyak layanan semacam ini yang  beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia untuk dijadikan sebagai alternatif penyediaan listrik untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakan jasa sewa genset Jogja seperti EO di Jogja apabila perusahaan Anda berlokasi di sekitar DIY dan Jawa Tengah.