Panduan Memelihara Ayam Kampung untuk Usaha Rumahan

Pada dasarnya memelihara ayam kampung dan ayam ras tidak sama. Hal ini karena dua jenis ayam ini yang berlainan. Dari segi karakternya sendiri keduanya berbeda.

Ayam kampung merupakan jenis ayam yang masa bertelurnya relatif lebih rendah, yaitu hanya sekitar 115 butir setiap tahunnya.

Jika ayam ras menggunakan sistem kandang, maka ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang memerlukan sistem umbaran atau lahan bebas untuk peternakannya.

Cara Memelihara Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan jenis hewan unggas ayam yang nilai jualnya lebih tinggi dari ayam ras. Berikut ini adalah beberapa cara ternak ayam kampung yang bisa anda coba lakukan.

Sistem Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung untuk budidayanya terdiri dari dua jenis sistem ternak. Masing-masing adalah sistem umbaran dan sistem semi intensif.

memelihara ayam kampung

Untuk sistem umbarannya sendiri anda bisa mencoba untuk beternak ayam kampung dengan cara mengumbarnya ke pekarangan rumah anda. Setelah itu memasukannya ke dalam kandang pada waktu sore hari.

Sementara untuk memelihara ayam kampung sistem semi intensif anda bisa menggunakan cara kandang dengan tipe seperti pekarangan. Kandang model ini berupa pekarang yang didalamnya terdapat area tanah yang dikelilingi pakar dan hamparan rerumputan.

Pakan Ayam Kampung

Jika ayam kampung sudah memasuki usia 0-2 bulan, anda bisa menggunakan pakan ayam broiler. Namun jika sudah masuk umur diatas 4 bulan, bisa menggunakan pakan layer dan dedak dengan perbandingan 1:2.

Sementara untuk jenis pakan ayam yang masuk periode bertelur, anda bisa mencoba memberi pakan campuran layer dengan dedak, yang memiliki perbandingan 1 : 1.

Untuk lebih menekan biaya, Anda perlu membeli pakan dari toko pakan ternak ayam dan ikan terpercaya. Perhatikan komposisi nutrisi pakannya untuk disesuaikan dengan umur perkembangan ternak ayam anda.

Masa Penjualan

Biasanya ayam kampung bisa dikonsumsi, jika sudah melewati usia 8 bulan, dan jika sudah 12 bulan, biasanya dagingnya terasa lebih alot dan kebanyakan akan lebih mengarah pada pemanfaatnan telurnya saja.

Demikian ulasannya untuk apa saja cara memelihara ayam kampung yang penting diperhatikan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai panduan umum beternak ayam kampung.