Pakan Alternatif Ikan Nila Berkualitas Agar Cepat Besar

Pakan alternatif ikan nila berkualitas sangat penting. Selain untuk menghemat biaya operasional, hal ini juga berguna agar ikan cepat besar.

Pemilihan ikan nila sebagai ikan yang hendak anda budidayakan adalah pilihan yang tepat sebab tak begitu sulit untuk mencari pakannya. Sebagai ikan air tawar omnivora, ikan nila dapat memakan apa saja mulai dari hewan hingga tumbuhan.

Jika anda tak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pakan berupa pelet, maka makanan alami adalah alternatif yang sangat tepat karena biaya yang dikeluarkan nyaris nol. Di habitat alaminya sendiri ia biasa memakan plankton, fitoplankton, tmbuhan kolam seperti azolla, dan hydrila.

pakan alternatif ikan nila

Jika anda mempunyai sisa bahan dapur yang tak terpakai anda dapat melemparkan ke kolam untuk disantap oleh ikan nila. Namun tak sembarang tumbuhan dan hewan mau dimakan oleh ikan nila oleh sebab itu anda harus mengetahui dan jeli melihat peluang makanan yang bisa dimakan oleh ikan nila.

Ragam Pakan Alternatif Ikan Nila

Pakan yang dijelaskan disini adalah pakan ikan nila yang tak hanya membuat ikan nila kenyang namun mencukupi nutrisinya. Berikut pakan alternatif ikan nila:

Larva Magot

Magot dikenal sebagai hewan yang menjijikan yang suka memakan buah buahan yang sudah membususk. Ternyata larva dari magot ini dapat digunakan sebagai pakan bibit ikan nila. Sebagian orang bahkan memburu larva magot ini karena kadar protennya yang sangat tinggi.

Protein yang dimiliki oleh magot sendiri sebesar 45%. Karena hal terseblah sebagian orang melakukan budidaya magot untuk menjual larvanya ke pembdidaya ikan sebagai pengganti pelet.

Tepung Cacing

Tepung cacing dapat dibuat sendiri dengan cara menjemur cacing sampai kering dibawah sinar matahari langsung, kemudian ditumbuk hingga menjadi tepung.

Selanjutnya tepung caing sudah dapat digunakan. Sebaiknya timbang terlebih dahulu tepung cacingnya untuk memastikan kebutuhan tepung untuk ikan nila.

Sisa Roti

Jika anda memiliki roti yang telah kadaluarsa, anda dapat menggunakan roti tersebut sebagai pakan alternatif ikan nila. Anda dapat memanfaatkan sisa roti menjadi sesuatu yang lebih berguna yakni pakan ikan nila. Meskipun yang diberikan adalah roti kadaluarsa namun tak akan berefek buruk bagi ikan nila.