Mobil Listrik Vs Mobil Bensin Mana Yang Lebih Baik?

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin Mana Yang Lebih Baik? adalah pertanyaan bagi beberapa penggemar otomotif. mungkin bagi sebagian orang mobil jenis bahan bakar bensin terlalu mainstream. Oleh karena itu teknologi yang berkembang pesat,membuat mobil didesain menjadi mobil listrik. Banyak pertanyaan yang ada di otak kita yaitu mengenai tentang perbedaan mobil listrik dan mobil bensin atau mobil konvensional.

Ya,seperti dikutip oleh mobilku Sebuah studi tahun 2018 dari Institut Penelitian Transportasi Universitas Michigan menemukan bahwa biaya kendaraan listrik kurang dari setengah biaya operasional mobil bertenaga gas. Biaya rata-rata untuk mengoperasikan EV di Amerika Serikat adalah $ 485 per tahun, sedangkan rata-rata untuk kendaraan bertenaga bensin adalah $ 1.117. Artinya mobil listrik lebih hemat,tetapi kita juga harus mengetahui perbedaan yang lainnya.

Perbedaan Mobil Listrik Dan Mobil Bensin

 

Sumber Bahan Bakarnya

Perbedaan yang langsung terlihat antara EV dan ICE adalah sumber bahan bakarnya, dan akibatnya apa yang Anda sebagai konsumen gunakan untuk memberi daya pada kendaraan Anda. ICE yang menggunakan bensin dibakar secara internal untuk memberi daya pada mobil, sementara EV menggunakan listrik. Listrik dapat berasal dari banyak sumber, termasuk dari pembakaran batu bara atau gas, atau dari sumber terbarukan seperti matahari, angin, dan tenaga air.

 

Biaya Perawatan Mobil

Bahan bakar mobil yang anda pilih menentukan perawatannya. Misalnya mobil konvesional harus kita sering isi bbm,berbeda dengan mobil listrik yang harus kita ganti baterai dan juga mengisi dengan beberapa hal.

Perawatan mesin bisa menghabiskan banyak uang, terutama seiring bertambahnya usia mobil. Mengganti oli mesin, cairan pendingin, cairan transmisi, dan belt dapat menambah nilai dari waktu ke waktu. Sebagai perbandingan, mobil listrik tidak memiliki mesin pembakaran internal, sehingga biaya ini hilang dan kita bisa menjadi irit.

 

Stok Mobil

Mobil listrik sendiri stoknya terbatas,berbeda dengan mobil konvensional. Mobil listrik harganya juga lebih mahal dari mobil konvensional bensin. Sebagai pengguna tentunya anda sudah bisa memastikan mobil mana yang ingin anda miliki dan anda coba. Ya,kita bisa mencoba mobil dengan kemampuan keuangan kita. Jangan memaksakan diri,serta kita juga harus memikirkan jangka panjangnya.