Mengenal Apa Itu Masalah Stunting dan Cara Pencegahannya pada Anak

Mengenal Apa Itu Masalah Stunting dan Cara Pencegahannya pada Anak

Stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuha pada anak. Selain itu stunting juga bisa menjadi salah satu penyebab tinggi dari badan anak terhambat.

Memang benar faktor genetika yang menyebabkan masalah tersebut, namun jika pelayanan kesehatan yang diberikan tidak memadai. Hal tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembang buah hati yang tidak sesuai dengan usianya.

Lantas bagaimanakah cara mencegah masalah stunting tersebut? jika kalian penasaran mengenai masalah tersebut, tenang saja kami sudah merangkum beberapa cara pencegahannya. Yuk simak terus penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mencegah Masalah Stunting?

Jika sudah menyadari bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang beresiko tinggi terhadap pertumbuhan anak hingga dewasa. Maka para orang tua khususnya ibu harus melakukan tindakan pencegahanbaik dilakukan sebelum, saat, dan juga sesudah masa kehamilan atau melahirkan.

  1. Pahami Terlebih Dahulu Konsep dari Gizi

Pastikan para ibu dan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap harinya. Terlebih lagi pada masa kehamilan. Tolong pahami konsep ini ahar diterapkan dengan pola hidup yang baik, ketika pada masa kehamilan maupunpola asuh buah hati.

  1. Berikan Gizi dan Menu yang Beragam

Selalu upayakan memberikan gizi dan menu yang beragam untuk anak. Jangan lupakan nutirisi yang dibutuhkan mereka setiap harinya. Selain itu, pada saat kehamilan dan melahirkan, ibu juga perlu mendapatkan gizi seimbang agar bisa menghindari masalah stunting.

  1. Pemeriksaan Rutin

Pada masa kehamilan, harusnya ibu melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan berat badan yang sesuai. Selain itu, ibu juga tidak boleh mengalami anemia atau kekurangan darah yang akan berpengaruh terhadap janin. Lakukan pemeriksaan kepada bidan secara rutin ya.

  1. Lebih Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Asam Folat

Asam folat ini sangat berperan penting untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang dari buah hati. Zat tersebut juga mengurangi risiko terdapat gangguan kehamilan. Dengan asupan asam filat yang seimbang, bisa dipastikan bayi akan sehat pada saat kehamilan.

  1. Meningkatkan Kebersihan

Jagalah kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari bakteri berbahaya baik jamur, kuman, dan juga virus. Pastikan selalu menjaga kebersihan tubuh maupun tangan anak. Sebab jika tangan kotor, maka kemungkinan besar kuman bisa masuk kedalam tubuh dan menyebabkan sakit secara berkepanjangan.

Bukan tidak mungkin juga kalau kuman yang masuk ke dalam tubuh tersebut menyebabkan masalah kurang gizi. Dengan waktu yang lama, masalah kurang gizi yang diderita pada si kecil juga dapat menyebabkan stunting.

Selalu periksa secara rutin dengan bidan ataupun dokter terdekat mengenai perkembangan dari buah hati kalian agar terhindar dari masalah stunting yang berbahaya ini. Sekian penjelasan dari kami, semoga informasi ini bisa bermanfaat.