Macam-macam Freezer Berdasarkan Laju Pembekuannya

Freezer Mini Portable

Freezer adalah sebuah alat pendingin bersuhu di bawah 0 derajat celcius yang berfungsi untuk membekukan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Berbeda dengan kulkas yang memiliki suhu di atas 0 derajat celcius, freezer biasanya digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pada suhu -18 derajat celcius, bakteri yang ada pada makanan tidak berkembang sehingga tidak akan menyebabkan pembusukan pada makanan.

Macam-macam Freezer Berdasarkan Laju Pembekuannya

  1. Slow Freezer

Slow freezer yang terdiri dari cold storage, chest feezer, curve glass freezer, dll. Laju pergerakan es pada freezer ini yaitu 0.2 cm/h. Dengan suhu 0 derajat celcius hingga -25 derajat celcius. Proses pembekuan pada freezer ini terbilang cukup lama. Permasalahan yang sering terjadi pada freezer jenis ini adalah terjadinya pembentukan bunga es yang terlalu cepat sehingga dapat mengurangi efisiensi freezer. Slow freezer terdiri dari chest freezer, curve glass freezer.

  • Chest Freezer

Chest freezer merupakan alat pendingin bersuhu rendah, tidak cocok untuk mengawetkan makanan untuk jangka panjang karena proses pendinginannya yang cukup lama yaitu 3-72 jam. Harga dari chest freezer tergolong lebih murah.

  • Curve Glass Freezer

Curva Glass Freezer mirip dengan chest freezer diman bekerja dengan suhu 0 derajat celcius hingga -25 derajat celcius, memiliki sliding glass door sehingga cocok digunakan untuk menyimpan dan mendisplay berbagai produk seperti es cream dan frozen food.

  1. Quick Freezer

Quick freezer memiliki laju pembekuan yang lebih cepat, seperti air blast freezer yang memiliki laju pembekuan lebih cepat disbanding cheast freezer yaitu sebesar 0.5 – 3 cm/h. Air balst freezer memiliki suhu 0 derajat celcius hingga -40 derajat celcius, yang mampu mendinginkan tiga kali lebih cepat disbanding slow freezer. Quick freezer  contohnya adalah Air Blast Freezer.

Air Blast Freezer

Freezer jenis ini banyak digunakan pada industry bahan makanan seperti contohnya produk perikanan. Proses pendingina yang cepat akan menghambat proses deteriorasi oleh mikroba, sehingga kualitas dan kesegaran produk akan terjaga dengan baik. Berbeda dengan slow freezer, air blast freezer dapat mencapai suhu -40 derajat celcius.