Keputihan Yang Terjadi Pada Saat Kehamilan Apakah itu Normal?

 

Keluarnya cairan yang berwarna keputihan yang berasal dari lendir serviks adalah sesuatu hal yang normal dijumpai hampir pada semua wanita, jika lendir yang keluar warnanya putih agak bening dan tidak berbau menyengat itu merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dipikirkan. Ini merupakan siklus normal dari proses menstruasi wanita dan bisa dijadikan indikator kesehatan yang penting.

Saat tubuh Anda menjalani siklus menstruasi secara teratur, Anda akan melihat perubahan keputihan dari waktu ke waktu. Perubahan ini dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kesuburan, potensi kehamilan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Memahami dan menyadari perubahan keputihan tidak hanya dapat membantu dalam melacak siklus menstruasi, tetapi dapat juga dijadikan acuan untuk status kesehatan Anda.

Apakah yang dimaksud dengan keputihan?

Keputihan hanyalah sebuah istilah dalam dunia medis untuk keputihan normal yang Anda alami, ini terjadi akibat adanya perubahan hormonal yang besar yang mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Jika Anda memperhatikan siklus tersebut maka kemungkinan ada bisa memprediksi bahwa Anda mengalami keputihan normal ini pada waktu yang sama di setiap siklus bulanan, itu biasanya terjadi sekitar waktu ovulasi.

Mengerahui jenis-jenis keputihan ini sebenarnya sangat penting bagi kesehatan Anda. Ini merupakan indikator yang dikeluarkan untuk membantu menjaga tingkat pH asam di vagina Anda, sekaligus untuk mencegah hormon patogen tumbuh sambil juga menjaga flora vagina yang sehat yang membantu mencegah terjadinya infeksi jamur dan bakteri.

Seperti Apakah keputihan itu?

Keputihan yang normal biasanya berwarna putih susu atau keputihan, meskipun terkadang pada beberapa kasus terlihat bening. Jika warna yang timbul adalah abu-abu, kuning cerah, atau hijau ini merupakan warna keputihan abnormal yang mungkin menandakan terjadi masalah kesehatan potensial, seperti terjadinya infeksi atau tertular penyakit lainnya.

Seperti Apakah bentuk dan bau keputihan itu?

Keputihan yang normal bentuknya tipis dan melar, ada juga sebagian orang yang mengalami keputihan dengan bentuk lebih kental atau lengket. Keputihan yang bentuknya cairannya tipis dan melar sebagiannya berwarna putihan atau sedikit lebih kental dan lengket masih termasuk dalam kategori keputihan yang normal. Keputihan abnormal mungkin berbentu gumpalan atau tampak sangat berair dan baunya lebih menyengat.

Keputihan normal mungkin memiliki bau yang ringan tetapi pada umumnya tidak berbau. Hal ini tidak perlu dirisaukan karena bau yang keluar dari vagina adalah hal yang normal, itu bisa menjadi tanda adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri vaiginosis, jika baunya sangat amis atau busuk mungkin infeksi yang terjadi cukup berat ini dibutuhkan cara mengatasi keputihan yang benar agar infeksi tidak bertambah parah.