Fakta Pelangi Yang Paling Menarik Untuk Diketahui

idn 44 min

source gambar : idntimes.com

Fakta pelangi yang paling menarik untuk diketahui yaitu pelangi yang penuh dengan warna akibat dari kondisi optik alamiah. Dimana sebuah ilusi optik yang terlihat dari paduan air juga cahaya dibentuk oleh cahaya pula dan mendapatkan warna yang beragam atau warna spktrum. Pelangi ini juga bisa muncul dimana saja serta kapan saja. Adapun fakta dari pelangi bisa disimak dari berbagai hal yang ada saat ini.

1.Adanya Sejarah Pelangi Dilihat Dari Berbagai Prespektif

Orang-orang Yunani serta Romawi sering mengatakan “iris’guna merujuk pada pelangi yang tampak lingkaran dengan warna-warna yang berbeda. Iris ini juga mengacu berdasarkan mata yang tampak biru atau bahkan bintik yang ada di burung gagak. Sampai pada abad ke-17 juga masih belum punya asalusul yang jlas, namun pelangi selalu dikaitkan pada mitos dan kepercayaan yang dimiliki oleh orang-orang kuno.

Seperti yang diyakinani ketika zaman Romawi serta Yunani bahwa pelangi ini merupakan jalan yang tercipta oleh dewi pelangi namanya iris. Dimana jalan pelangi ini juga akan menghubungkan manusia bersama makhluk yang lebih abadi.

2.Jumlah Warna Pelangi Yang Diperdebatkan

Aristoteles setuju dengan pendapat Xenophanes yang menyatakan bahwa pelangi ini dalam risahal Meteorologica. Dimana fakta pelangi punya 3 warna dan tak ada warna lainnya hanya ada ungu, kuning-jiau serta warna merah. Sementara itu, penyair asa Yunani yang begitu epic, Homer yakin bahwa pelangi hanya ada satu macam warna, ungu saja.

Berbeda ketika zaman Renaissance yang mana menyatakan bahwa pelangi warnanya sampai 4 warna, biru, merah, kuning serta hijau. Sampai pada abad ke 17 akhirnya ahli barat menyampaikan bahwa warna pelangi itu ada yang ungu, biru, merah, hijau juga kuning.

3.Pelangi Dijelaskan Oleh Rene Descrates, Seorang Filsuf

Seorang filsuf serta ahli matematika asal Perancis dengan nama Rene Descrates ini temukan tentang pelangi bahwa kondisi pelangisebabnya didasarkan adanya sinar dari matahari yang pecah jadi warna yang berbeda ketika hujan. Hal inilah yang memang terjadi, dengan adanya fenomena pelangi, yang biasanya disebut dengan pembiasan cahaya.

Maka hasil dari pikiran Rene Descrates memahami pelangi inilah yang akhirnya dipakai pemikirannnya. Juga menjadi panduan banyak orang yang ada di dunia untuk memahami tentang adanya pelangi.

4.Warna Pelangi Berdasarkan Ilmiah

Ketika berbicara pandangan ilmiah ini juga bergantung pada sudut pandang banyak orang. Dimana pelangi yang terjadi akibat dari adanya cahaya matahari yang mengalami pembiasaan dengan adanya kehadiran hujan. Hal ini yang mendefinisikan warna dari pelangi, ada yang menyatakan bahwa warna pelangi ada 5 atau juga warna pelangi ada 7.

Dengan adanya fakta pelangi yang ada saat ini, tentunya sangat menarik untuk dipahami. Dimana fenomena alam yang satu ini sangat jarang ditemui untuk bisa langsung dinikmati, biasanya akan terjadi ketika hujan dan kondisi cuaca sangat terik.