Hati hati Dengan Efek Samping Buah Merah

Buah merah, salah satu buah eksotis khas tanah Papua yang dikenal kaya akan khasiat ternyata juga menyimpan sejumlah efek samping. Itu sebabnya lebih bijak untuk memahami dulu apa saja efek samping buah merah dan bagaimana cara tepat mengonsumsi buah ini untuk tetap aman dan sehat.

Meski sudah banyak riset menemukan adanya khasiat dari buah merah untuk kesehatan. Sebaiknya, kita tetap hati hati dalam mengonsumsi buah merah. Karena belum banyak riset yang mendalami buah satu ini. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan apa saja khasiat dan efek samping dari buah merah. Dan karena itu, kehati hatian jelas perlu Anda kedepankan.

buah merah

Apa saja Sebenarnya Efek Samping Buah Merah

Meski belum banyak fakta terkuak seputar buah merah, Ada sejumlah efek samping yang juga mungkin mengancam. Dan berikut adalah sejumlah efek samping buah merah yang perlu Anda waspadai ketika memilih terapi kesehatan dengan buah satu ini.

Memiliki efek sedatif

Dalam buah merah Anda dapat menemukan adanya unsur sedatif yang akan memberi efek penenang dan kinerja yang menyerupai obat tidur. Pada kondisi tertentu sudah tentu ini baik, terutama untuk mereka yang menghadapi depresi atau insomnia.

Tetapi, efek sedatif dapat menyebabkan tubuh merasa lebih mudah lesu dan lemas. Anda mungkin akan mengantuk di jam aktif dan pada beberapa orang dapat memicu efek pening dan mual. Sebaiknya hindari mengonsumsi buah merah saat pagi menjelang aktivitas supaya tidak mengalami efek lemas dan mengantuk di waktu kerja.

Gangguan tenggorokan

Ada beberapa pakar yang melihat adanya potensi untuk menstimulasi produksi histamin pada getah yang ada dalam batang buah merah. Getah ini akan memicu efek gatal pada tenggorokan saat Anda mengonsumsinya.

Sebaiknya, pastikan Anda mengonsumsi buah merah yang telah melalui pengolahan yang higienis. Sehingga unsur kotoran dan unsur getah dalam buah merah sudah hilang. Anda juga bisa mengonsumsi jenis herbal pila tau bubuk untuk menghindari kontak buah merah ekstraksi tersebut dengan dinding tenggorokan.

Efek Samping Diare

Meski belum sepenuhnya dipahami, ada sejumlah konsumen buah merah yang mengalami gejala diare pasca mengonsumsi buah merah, terutama saat awal awal mengonsumsi buah ini. Sejumlah pakar masih memperdebatkan apa penyebab efek samping buah merah satu ini.

Namun beberapa pakar melihat adanya kemungkinan pengolahan yang tidak higienis, pencernaan yang sensitif dengan unsur unsur senyawa dalam buah merah atau efek adaptasi. Sehingga beberapa orang mengeluhkan reaksi diare saat mengonsimsi buah merah.

Nyeri Pada area Sakit

Meski tidak sepenuhnya dipahami bagaimana efek samping ini terjadi, sejumlah konsumen buah merah juga mengeluhkan adanya rasa nyeri atau berdenyut pada area sakit setelah mengonsumsi buah merah.

Seperti muncul rasa nyeri di payudara bila buah merah ditujukan untuk pengobatan kanker payudara. Atau keluhan nyeri pada perut saat buah merah menjadi terapi untuk atasi peradangan pencernaan. Efek antioksidan unik dalam buah merah menjadi alasan yang diyakini pakar sebagai penyebab reaksi ini.

Bisa mencairkan darah

Dalam buah merah terkandung tokoferol dalam jumlah besar. Tokoferol memiliki efek dapat mencairkan darah. Ini sangat baik untuk membantu mengatasi keluhan stroke, tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit sejenisnya.

Tetapi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi  buah merah bersamaan dengan terapi pengencer darah lain seperti walfarin, aspirin dan lain sebagainya. Karena ini akan mengkali lipatkan efek pengencer darah pada tubuh. Hingga dapat berakibat fatal saat terjadi luka terbuka atau benturan.

Dapat meningkatkan kadar kolesterol

Pastikan Anda memilih jenis buah merah yang tidak mengandung minyak. Buah merah mengandung unsur lemak yang bila dipanaskan dalam berubah menjadi lemak jenuh dan minyak. Ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah sejumlah gambaran seputar efek samping buah merah. Selalu pastikan Anda memilih suplemen buah merah yang aman dan sehat. Sehingga pengobatan tradisional yang Anda jalankan berjalan dengan baik.