Dari Bbm Ke Whatsapp Ke Telegram

Masih ingatkah Anda, bahwa pada jamannya BBM menjadi rajanya messenger, berhasil menggeser nokia saat itu, sambil masih awal- awal mulai bersaing dengan android.

Nah, ini adalah cerita tentang hal ini, kerontokannya BBM, sebelum berganti ke whatsapp, dan bergeser lagi ke telegram belakangan ini.

BBM awalnya sukses besar dengan bundlingnya dengan HP khusus BB, dan BBM sama sekali tidak bisa dipakai, tidak bisa diinstal di perangkat lain selain OS blackberry, dan gadget hp blackberry.

Sampai dulu BBM di akhir masa jayanya, sampai jualan PIN BBM yang lebih exclusive, mirip dengan nomor hp namun ini PIN BBM, yang berbayar per bulan sekian, dan orang- orang bisa saling melihat update status dari yang lainnya.

Setelah android lebih menjadi pilihan market di seluruh dunia, BBM rontok, tutup, dan tidak lagi dipakai. HP nya juga sudah entah kemana, seharusnya bahkan hampir tidak ada lagi yang memakai hp itu.

Kemudian orang bergesar ke whatsapp, dimana waktu itu whatsapp masih belum seperti hari ini. Waktu itu whatsapp masih bisa dibilang unggul karena nempel ke nomor hp, dibandingkan dengan BBM yang waktu itu tidak nempel dengan nomor hp.

Dengan nempelnya ke nomor hp, orang akan dengan lebih mudah menggunakan whatsapp ketimbang menggunakan Blackberry.

Whatsapp kemudian mengeluarkan update terbarunya, yaitu sudah bisa meng-update status, dan bisa dilihat serta direply oleh orang banyak melalui fitur whatsapp story.

Kemudian muncul lagi whatsapp video call yang mana semakin banyak pengguna whatsapp menjadi semakin senang, terutama para kaum gaptek yang belum pernah sama sekali pegang hp sebelumnya, sekarang memakai whatsapp untuk video call dengan banyak orang.

Hal ini tidak bertahan begitu lama, hingga pada berapa bulan kemarin ada kebijakan baru whatsapp 2021 meluncurkan update aneh yang menjadi blunder, bahwa privacy policy nya diubah, facebook menjadi bisa cek masuk & tahu data pengguna whatsapp, hingga bisa menyesuaikan iklan apa yang muncul di fb & ig orang tersebut.

Ini membuat banyak sekali orang eksodus dan mulai menggunakan telegram yang mana memberikan privacy bagus kepada para penggunanya.