Cara Ternak Ikan Koi yang Terbukti Menghasilkan Profit

Cara Ternak Ikan Koi – Para pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan ikan warna unik berasal dari Jepang yang bernama koi. Anda mungkin tidak hanya ingin memeliharanya saja, tetapi ingin juga mencoba ternak ikan koi.

Hobi memelihara ikan hias ini akhirnya bisa mendatangkan profit yang besar jika dilanjutkan dengan membudidayakannya. Karena penjualan yang ramai tentang ikan koi, pastinya budidaya ikan Jepang ini juga sangat menarik.

5 Cara Ternak Ikan Koi yang Menghasilkan Cuan

Untuk meraih omset maksimal dari usaha budidaya ikan, maka Anda harus memperhatikan cara ternak ikan koi berikut ini :

1.Menyiapkan Kolam

Siapkan kolam koi dengan bagian bawah diplester untuk tempat tinggalnya. Pastikan kolam mendapat sinar matahari yang cukup. Jaga dengan baik saluran air pada kolam.

cara ternak ikan koi

Dekat saluran air tersebut harus dipasang saringan halus agar anak-anak ikan koi tidak terbawa hanyut oleh air.

2.Memilih Indukan Berkualitas

Jika ingin membudidaya ikan koi maka harus tahu cara memilih indukan yang berkualitas.

Ciri-cirinya adalah memilih indukan sehat, bentuk tubuh ideal, gaya berenang tenang serta seimbang, dan warnanya cerah. Anda juga bisa mengawinkan ikan koi dengan ikan koi milik teman.

3.Proses Memijahkan

Cara memijahkan ikan koi yaitu menyediakan lebih dari satu pejantan. Tujuannya untuk mengantisipasi pejantan yang sedang kurang sehat. Namun jika kesulitran Anda bisa membelinya dari toko yang jual bibit ikan koi terdekat.

Siapkan sekitar 3-5 ekor pejantan. Kemudian masukan indukan betina ke dalam kolam pemijahan. Masukn indukan sekitar jam 4 sore.

Pemijahan berlangsung dini hari sampai pagi hari. Angkatlah indukan untuk mengurangi resiko kematian telur karena dimakan induknya. Biarkan telur sampai menetas.

4.Menjaga Kebersihan Kolam

Kolam yang keruh berasal dari kotoran ikan walaupun sudah dipasng filter. Jadi Anda harus membersihkannya secara berkala selama budidaya ikan koi. Perhatikan juga suhu airnya agar ikan merasa nyaman.

5.Membatasi Jumlah Ikan

Koi termasuk jenis ikan yang membutuhkan ruang gerak cukup besar agar pertumbuhannya cepat. Jika jumlahnya banyak maka pertumbuhnnya juga terhambat.

Dengan begitu, batasi jumlah ikan dalam satu kolam dengan memindahkannya pada kolam lainnya.

Ikan koi menarik banyak pecinta ikan karena bentuk dan warnanya yang lucu. Anda pun bisa memperbanyak jumlah ikan hias tersebut dengan cara ternak ikan koi dan bisa menghasilkan cuan.