Cara Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Tidak Gampang Busuk

Cara Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Tidak Gampang Busuk

Saat momen Idul Adha, tentunya masyarakat mendapat daging yang dapat disantap kapanpun. Banyak yang langsung memasak daging tersebut untuk lauk di siang dan malam hari.

Namun ada juga yang memilih menyimpan daging di kulkas untuk stok kedepannya. Bagi yang ingin menyimpan daging, cara menyimpan daging di kulkas yang benar agar tidak gampang busuk harus kamu tahui.

Dengan begitu, stok daging yang kamu miliki bisa bertahan lama. Lalu bagaimana cara menyimpan daging yang benar agar tidak gampang busuk di kulkas? Bagi yang ingin tahu, silahkan cek tips dan cara berikut.

1. Daging jangan sampai dicuci

Banyak yang bilang jika daging yang akan disimpan di dalam kulkas harus dicuci terlebih. Hal tersebut sebenarnya salah kaprah. Karena ada baiknya jangan mencuci daging sebelum disimpan di kulkas.

Hal tersebut membuat aroma prengus yang muncul dari daging akan semakin kuat. Tak hanya itu, daging yang dicuci membuat airnya masuk ke dalam serat daging. Hal tersebut membuat daging gampang rusak alias cepat membusuk.

2. Potong daging sesuai selera masing-masing

Sebelum disimpan ke dalam kulkas, ada baiknya memotong daging menjadi beberapa potongan terlebih dahulu sesuai selera. Pasalnya mencairkan daging beku berukuran kecil adalah hal mudah dibanding daging berukuran besar.

Tak hanya itu, memotong daging menjadi beberapa bagian juga menghemat ruang penyimpanan atau kulkas. Menyimpan daging dengan potongan kecil juga membuatmu bisa mudah mengambil daging yang diperlukan.

3. Catat tanggal menyimpan daging

Banyak yang menyepelekan hal ini. Di mana mereka tidak mencatat tanggal ketika menyimpan daging pertama kali. Padahal sangat penting untuk mencatat tanggal ketika daging dimasukkan ke kulkas.

Catatan tanggal tersebut menjadi pengingat untuk memilih daging yang mau dimasak. Gunakan kertas kecil supaya catatan tersebut tidak hilang atau bercampur dengan daging yang disimpan.

4. Gunakan wadah yang kedap udara

Bagi yang menyimpan daging ke dalam kulkas, perhatikan juga wadah yang digunakan. Jangan asal memilih wadah karena efeknya akan buruk bagi daging tersebut.

Masukkan daging ke wadah yang kedap udara. Pastikan wadah ataupun kantong plastik yang dipakai juga berbahan dasar food grade. Pasalnya wadah tersebut bakal bersentuhan dengan daging sampai berbulan-bulan.

5. Bekukan daging

Semua daging memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Daging sapi umumnya mempunyai daya tahan berbeda dibanding daging ayam. Daging sapi dapat disimpan di freezer yang suhunya di bawah -18 derajat Celcius selama 6 hingga 12 bulan.

Tujuannya supaya bakteri yang ada di dalam daging tidak bereaksi. Hal tersebut membuat daging menjadi awet secara alami dan tentunya tidak gampang busuk saat disimpan.

Itu tadi cara menyimpan daging di kulkas supaya tidak gampang busuk. Sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal tadi karena fungsinya sangat penting.