Cara Menurunkan Berat Badan Secara Bertahap untuk Pemula

Diet identik dengan mengurangi makan nasi. Selama ini nasi dituding sebagai biang keladi obesitas. Tapi tahukah Anda, diet ekstrem justru merusak metabolisme tubuh. Lantas, bagaimana cara melakukan diet sehat?

Diet dengan hasil penurunan berat badan yang drastis bukanlah hal yang baik dilakukan jika menggunakan cara instan. Ada banyak cara dengan hasil yang cepat namun berdampak buruk bagi tubuh bahkan bisa menimbulkan penyakit, seperti rambut rontok, ketidakseimbangan hormon, gangguan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi dampak lainnya.

Namun banyak orang mengambil jalan pintas dengan melakukan diet ekstrim untuk mendapatkan hasil yang instan atau cepat. Memang benar diet instan akan lebih mudah melihat hasilnya karena cepat, tapi ini akan membuat berat badan naik turun juga, dengan kata lain tidak bisa bertahan lama.

Agar program diet berhasil dengan hasil yang tepat dan bertahap untuk pemula termasuk menggunakan obat pelangsing alami, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin memulai diet sehat dengan hasil bertahap:

Kesiapan atau Keinginan

Untuk melakukan diet yang penting adalah keinginan. Niat akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan diet karena pandangan orang lain atau ingin terlihat kurus. Jadi tanyakan pada diri Anda apakah Anda siap untuk melakukan diet? Apakah Anda berniat melakukannya untuk kesehatan Anda?

Pola makan yang dilakukan dengan keinginan kuat untuk mengubah pola hidup sehat akan mempengaruhi hasil yang akan diperoleh yaitu tubuh menjadi lebih sehat, dan lebih produktif. Tanamkan dalam diri Anda bahwa diet yang Anda lakukan adalah untuk mendapatkan pola hidup sehat yang seimbang, untuk itu hasil yang didapat tidak berdasarkan angka pada timbangan.

Menghitung Kalori

Menghitung kalori penting bagi orang yang ingin berdiet yaitu mengetahui jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk kemudian digunakan sebagai energi tubuh yang meliputi bergerak, makan, tidur, berpikir, bernafas, berbicara, dan sebagainya. Jadi, banyaknya kalori makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi energi yang akan digunakan oleh tubuh.

Kebutuhan kalori rata-rata untuk wanita sekitar 1.500 hingga 2.400 per hari, sedangkan untuk pria sekitar 2.000 hingga 3.000 per hari. Namun perlu diketahui bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain: usia, jenis kelamin, aktivitas, komposisi tubuh, ukuran tubuh, dan faktor lainnya.

Jadi untuk mulai menghitung kalori, Anda dapat menghitungnya secara manual menggunakan rumus: untuk wanita 655,1 + (9.563 x berat badan) + (1,85 x tinggi badan) – (4.676 x usia). Sedangkan untuk pria 66,47 + (13,75 x berat badan) + (5.003 x tinggi badan) – (6.755 x umur)

Jika Anda kesulitan atau bingung menghitung kalori dengan cara manual, Anda bisa menghitungnya melalui aplikasi seperti fatsecret. Dari aplikasi ini, Anda dapat melihat berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Untuk memulai diet bagi pemula, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Usahakan makanan yang dikonsumsi mengandung serat, vitamin, protein, dan tentunya makanan sehat.

Makanan yang mengandung serat seperti jagung, buncis, brokoli, beras merah, dan masih banyak lagi. Usahakan makanan yang akan Anda makan mengandung karbohidrat alami bukan karbohidrat buatan, makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan mengandung nutrisi lengkap.

Jumlah makanan di piring yang akan dikonsumsi harus cukup dan tidak berlebihan, yang terpenting perut terasa kenyang karena semua kebutuhan tubuh terpenuhi, bukan sekedar memenuhi nafsu yang mengakibatkan makanan tidak seimbang dan rasa lapar terus menerus.

Maka untuk menyeimbangkan kebutuhan makanan dalam tubuh, konsumsilah sayuran dan buatlah yang segar untuk membantu melengkapi nutrisi di piring Anda.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan instan dan makanan manis, jadi buatlah jadwal daftar makanan sehat dan bersih untuk dimakan setiap hari, misalnya Senin pagi hingga malam tuliskan makanan yang ingin Anda makan.