Cara Mencadangkan Semua Data HP OPPO ke Komputer

Data penting yang berada di handphone OPPO kita sebenarnya tak bisa dibilang aman secara penuh. Ada banyak hal dan kejadian yang mungkin tak bisa kita harapkan, dimulai dari handphone yang tercuri, hingga nyemplung ke bak mandi.

Dengan begitu, mencadangkan data dalam handphone OPPO kita itu sangatlah penting dan wajib untuk dilakukan – tak peduli bentuk data tersebut, entah itu berupa gambar, video, pesan, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang masih bingung cara mencadangkan data-data tersebut ke dalam gadget lainnya (misalnya komputer), maka bisa melakukan oppotutorial yang mudah berikut ini:

  1. Buat file cadangan lokal dari data yang tersimpan di handphone OPPO kita dengan cara mengakses: pengaturan > pengaturan tambahan > buat cadangan & reset > cadangan lokal > cadangan baru > pilih data yang ingin dicadangkan > mulai cadangkan.
  2. Sebelum kamu bisa mentransfer file backup tersebut ke komputer, maka kamu harus mengaktifkan USB debugging terlebih dahulu. Caranya: pengaturan > tentang ponsel > versi.
  3. Ketuk opsi Build Number(nomor bentukan) secara berkali-kali hingga kamu melihat pesan yang mengatakan bahwa kamu sudah masuk ke “developer mode”.
  4. Kemudian buka lagi: pengaturan > pengaturan tambahan > opsi pengembang. Lalu aktifkan mode tersebut untuk menemukan USB debugging, lalu ketuk OK.
  5. Sekarang kamu baru bisa memasangkan kabel USB ke komputer.
  6. Dari sini tinggal pindahkan saja file folder cadangan yang sudah dipersiapkan sebelumnya di nomor 1 atas.
  7. Kamu juga bisa mencadangkan folder lainnya seperti DCIM, Film, dan musik jika diinginkan.

Dengan mencadangkan musik, foto, video, kontak, chattingan, dan lain sebagainya, maka kita bisa mengamankan berbagai macam data kenangan dan penting tanpa harus takut kehilangan momen-momen berharga tersebut sekalipun handphone OPPO kamu mengalami masalah.

Pencadangan data bisa menolong kita dalam kondisi dan keadaan darurat, karena handphone kita tak akan pernah bertahan seumur hidup. Selain itu, dapat pula mencegah kejadian tak diinginkan seperti handphone yang rusak secara tiba-tiba tanpa adanya gejala dan sebab yang jelas.