Cara Membuat Cappuccino Tanpa Mesin di Rumah

Cara Membuat Cappuccino Tanpa Mesin di Rumah

Di tengah perkembangan menu varian es kopi yang kian beragam, kopi lawas seperti cappuccino masih tidak tergeser popularitasnya. Cappuccino biasanya identik dengan racikan manis yang bisa diterima oleh lidah banyak orang. Jika terbiasa menikmati cappuccino hanya di kafe-kafe saja, sekarang Anda bisa belajar cara membuat cappuccino tanpa mesin sendiri loh!

Menikmati Cappuccino

Cappuccino sendiri di negara asalnya hanya dinikmati pada pagi hari saja sebagai salah satu minuman untuk sarapan pagi. Meminum segelas cappuccino terbilang mengenyangkan karena di dalamnya ada campuran susu yang cukup banyak.

Di Italia, minuman satu ini hanya biasa disajikan pada pagi hari dan tidak akan bisa dipesan lagi melewati jam 10 pagi. Berbeda memang di Indonesia dimana kopi ini bisa dinikmati kapan pun apalagi dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Pembuatan Cappuccino Tanpa Mesin

Bahan dasar kopi yang dipakai dalam cappuccino yaitu satu gelas espresso yang dikenal dibuat dengan mesinnya sendiri. Untuk pembuatan di rumah, lebih baik membeli mesin sederhana dengan classic drip atau bisa juga dengan French press misalnya. Jika tidak memiliki keduanya, masih ada cara untuk mendapatkan segelas espresso.

Caranya hanya perlu menyeduh kopi seperti kopi tubruk kemudian diamkan saja hingga ampas turun secara keseluruhan. Setelah itu, saring dengan kertas filter atau bisa juga dengan memindahkan kopi secara perlahan ke gelas lainnya.

Untuk Anda yang sudah memiliki alat v60 misalnya, ini juga bisa digunakan secara langsung untuk mendapatkan kopi bebas bubuk. Cukup tuangkan air panas secara perlahan sesuai dengan metode yang Anda rasa lebih cocok untuk Anda.

Selesai dengan satu gelas espresso, selanjutnya adalah tentang foam susu yang memberikan tekstur tersendiri pada cappuccino. Foam sendiri bisa dibuat dengan memakai blender ataupun mixer, tapi jika tidak ada cukup gunakan pengocok telur.

Sebelum itu, panaskan terlebih dahulu susu putih hingga berbuih, pastikan agar lemaknya tidak pecah. Setelah panas, kemudian tinggal mengocok susu tersebut hingga keluar busa dan tekstur dari susu menjadi lebih ringan daripada sebelumnya.

Kedua bahan utama untuk cappuccino telah siap, maka tuang terlebih dahulu espresso pada gelas keramik yang akan dipakai. Setelahnya tuang foam susu secara perlahan ke dalamnya, jika bisa coba ciptakan gambar-gambar yang unik di atasnya. Terakhir tinggal menambahkan bubuk cokelat atau bubuk kayu manis sesuai dengan selera dan cappuccino pun siap dinikmati.

Itulah dia cara membuat cappuccino sendiri di rumah untuk menemani pekerjaan atau sekedar menemani bersantai. Kopi bisa memberikan sensasi rileks pada tubuh sekaligus juga membuat tubuh terasa lebih segar meskipun dalam kondisi yang sedikit lelah atau mengantuk.