Cara Kirim Paket Aman dan Anti Rusak

Pengetahuan tentang cara mengirim paket dengan aman dan tanpa kerusakan adalah suatu keharusan bagi pemilik toko online. Dengan metode pengiriman paket yang tepat, kepuasan pelanggan dapat terjaga. Apalagi, berdasarkan data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), keluhan paling banyak disampaikan konsumen terkait belanja online.

Dari total 642 pengaduan, 16% diantaranya merupakan pengaduan terkait belanja online. Jenis keluhan yang disampaikan konsumen terkait belanja online juga sangat beragam. Ada pelanggan yang mengaku barang yang dipesan belum diterima, ada cacat produk, ada dugaan penipuan, dan lambatnya pengiriman barang.

Mendapatkan keluhan yang tidak menyenangkan tentunya sangat merugikan bagi pemilik toko online. Pengetahuan tentang cara mengirim paket dengan aman, dapat mengurangi jumlah keluhan tersebut. Apalagi jika Anda menawarkan produk yang mudah rusak melalui internet.

Tips cara mengirim paket yang aman dan anti rusak

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar barang yang dikirim ke pelanggan bisa sampai dengan selamat, yaitu:

Gunakan perlindungan berlapis

Tips pertama yang harus Anda lakukan dalam cara mengirim paket dengan aman dan anti rusak adalah dengan memberikan perlindungan berlapis. Selain itu, bahan pembungkus yang digunakan juga harus memiliki ketahanan yang tinggi, tidak mudah rusak atau sobek.

Perlindungan berlapis yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan bubble wrap yang kemudian dilanjutkan dengan penggunaan karton. Anda bisa mendapatkan bubble wrap dengan harga yang cukup murah, Anda juga bisa membelinya secara online. Sedangkan untuk pembungkusan luarnya bisa dilakukan dengan menggunakan karton bekas.

Selain itu, pastikan tidak ada celah pada kotak kemasan yang dapat membuat barang mudah terguncang selama proses pengiriman. Sebagai solusinya, Anda bisa menutupi celah tersebut dengan koran bekas atau styrofoam.

Pertimbangkan untuk menggunakan kemasan kayu

Selain menggunakan pelindung yang dilapisi bubble wrap dan kardus, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan kayu. Cara kirim paket dengan packing kayu bisa anda lakukan untuk produk yang memang sangat rawan rusak atau pecah.

Dibandingkan dengan pembungkus kardus, packing kayu memang lebih sulit. Namun, terkadang perusahaan pengiriman menyediakan jasa pengepakan kayu yang bisa Anda gunakan.

Jangan lupa pasang stiker peringatan

Anda telah membungkus paket dengan rapi, baik menggunakan pelindung berlapis atau pengepakan kayu. Namun, perlindungan itu masih belum cukup. Anda juga harus melengkapi paket pengiriman dengan stiker peringatan yang menginformasikan bahwa barang-barang yang ada di dalam paket tersebut merupakan barang yang rawan rusak karena goncangan atau barang pecah belah.

Mengenai stiker peringatan ini, Anda juga bisa menyontek pesan lucu yang banyak bertebaran di internet. Misalnya, Anda bisa menulis pesan, “Hatimu mudah patah, jangan dibanting. Apalagi di PHP” disertai gambar hati dengan retakan di tengahnya. Melihat pesan seperti ini, layanan pengiriman akan tersenyum dan akan memperlakukan paket Anda dengan hati-hati.

Pilih pengirim barang tepercaya

Setelah membungkus paket dengan rapi dan menempelkan stiker peringatan serta alamat tujuan, Anda juga harus memastikan menggunakan jasa pengiriman paket yang terpercaya dan tidak perlu mahal. Ada banyak pilihan jasa pengiriman yang bisa Anda gunakan di era online seperti sekarang ini.

Dari sekian banyak pilihan, Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan yang hadir dengan wajah baru bisa menjadi pertimbangan utama. Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan menyediakan layanan pengiriman barang berkualitas dengan harga terjangkau. Apalagi jangkauan pengiriman paket menggunakan Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan juga sangat luas.

Anda bisa menggunakan Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan untuk mengantarkan paket ke berbagai kota di tanah air, dari Aceh hingga Papua. Selain itu, Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan juga memiliki layanan pengiriman murah ke Singapura. Melalui Jasa Ekspedisi Murah Surabaya ke Kalimantan, pengiriman paket akan dilakukan dengan lancar dan dapat diterima oleh konsumen dengan utuh tanpa ada kerusakan.

Pesan Pribadi Kepada Konsumen Bisa Menjadi Layanan Ekstra Yang Menarik

Selain memperhatikan cara mengirim paket dengan aman dan tanpa kerusakan, tak ada salahnya jika Anda lebih memperhatikan konsumen. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pesan pribadi pada paket tersebut. Pesan pribadi bisa berupa kutipan bijak atau kata mutiara bijak.

Melalui pesan pribadi tersebut, pelanggan akan merasa mendapatkan perlakuan khusus dari Anda. Ini juga akan membuat kesan mendalam pada mereka. Apalagi jika barang pesanan bisa sampai dalam keadaan utuh tanpa ada kerusakan. Jeff Bezos sebagai pendiri Amazon pernah berkata, “Jika Anda membangun pengalaman hebat, pelanggan akan saling memberi tahu tentang itu. Dari mulut ke mulut sangat kuat.” Semoga beruntung!