Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal yang Murah Tapi Efektif

Cara budidaya ikan lele di terpal saat ini sedang popular. Selain biayanya yang murah, hasilnya juga efektif dan menguntungkan. Apalagi ternak lele tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit serta cepat panen.

Hal inilah yang membuat tren ternak lele semakin digandrungi dibandingkan dengan ternak ikan lainnya. Namun dengan banyaknya pemasok ikan lele, sebagian khawatir harga ikan lele yang jatuh.

Pecel lele terus bermunculan di pinggir jalan dan tak pernah sepi pelanggan. Pecel lele adalah konsumen utama dari budidaya ikan lele. Ini adalah peluang usaha yang cukup menggiurkan sebab ini adalah usaha komoditas yang tak kenal musim dan sangat stabil.

cara budidaya ikan lele di terpal

Kenyataannya harga ikan lele tidaklah jatuh sebagaimana yang dikira. Yogyakarta adalah contoh salah satu daerah yang selalu kekurangan pasokan ikan lele sehingga perlu daerah lain untuk memasoknya.

Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal

Lalu bagaimana cara budidaya ikan lele di terpal? Berikut ulasannya yang sebaiknya Anda tahu:

Siapkan Kolam Terpal

Kolam terpal memiliki keunggulan dapat dibuat di lahan terbatas. Bagian sisi kerangkanya dapat menggunakan bambu atau kayu sehingga menyerupai wadah berbentu persegi ataupun berbentuk bulat.

Ini sangat cocok bagi anda yang ingin mulai budidaya ikan lele denga budget minim. Belilah terpal yang mempunyai kerapatan tinggi sehingga tak mudah bocor dan awet. Cuci terlebih dahulu terpal yang sudah dibeli untuk menghilangkan zat kimia yang ada.

Penebaran Benih Lele

Dalam budidaya lele dengan terpal benih jangan langsung disebar. Terutama jika Anda membelinya dari tempat pendederan yang jual bibit ikan lele terdekat.

Sebaiknya rendam terlebih dahulu plastik yang berisi benih lele di kolam untuk mereka beradaptasi dengan suhu air yang baru agar tidak mengalami stres.

Untuk ukuran 2 x 1 x 1 meter dapat diisi oleh 1000 benih lele dumbo atau sangkuriang dengan ukuran 1,5 – 2 inchi.

Perawatan Lele

Meskipun lele lebih suka di kolam yang keruh, namun jangan abaikan kebersihan air sebab air yang kotor yang dipenuhi oleh kandungan amonia akan membunuh lele secara masal.

Maka sirkulasi air harus senantiasa terjaga dengan baik. Lele diberi makan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada cara budidaya ikan lele di terpal ini jangan lupa memberikan obat-obatan untuk mencegah lele terjangkit virus dan bakteri.