Teknik Budidaya Ikan Lele Bioflok Pasti Berhasil

gambar unggulan

Budidaya ikan lele bioflok merupakan cara Budidaya ikan terbaru yang menghasilkan bibit ikan unggul. Budidaya ikan lele bioflok menghasilkan ikan lele yang tidak terlalu amis. Budidaya ikan lele bioflok juga membuat rasa dari ikan lele tersebut lebih enak dan layak konsumsi.

Teknik ini mempermudah peternak lele dalam mendapat hasil panen yang lebih banyak. Jika pada budidaya lele biasa satu kolam hanya mampu menampung 100 sampai 200 ekor bibit ikan, dengan teknik ini satu kolam bisa menampung 1000 ikan sekaligus.

Budidaya ikan lele bioflok

Tentunya Anda membutuhkan kolam yang lebih luas agar ikan tidak terlalu berdesakan. Pada bagian atas kolam diberi atap untuk mengindari kontak matahari secara langsung. Air yang dibutuhkan tidak terlalu dalam, maksimal satu meter jangan lebih. Itupun tidak diisi air secara penuh, beri air hingga tiga per empat bagian saja.

Cara Budidaya Ikan Lele Bioflok

Budidaya ikan lele bioflok membutuhkan bantuan bakteri probiotik. Tambahkan bakteri probiotik pada air sebanyak lima mili liter per meter kubik. Tunggu selama satu hari kemudian tambahkan molase dan dolomite.

Molase dapat membantu pertumbuhan bakteri menjadi lebih bak. Bakteri ini nanti akan dimakan oleh lele dan membantu pertumbuhannya. Diamkan lagi selama satu hari, setelah itu sebar lele secara perlahan ke dalam kolam.

Ada baiknya sebarkan lele dengan bantuan wadah plastik kecil agar lele tidak stres dengan tempat baru yang lebih besar. Tambahkan lagi bakteri probiotik ke dalamnya.

Anda bisa memberikan bakteri probiotik setiap seminggu sekali untuk mendapatkan lele yang berkualitas baik. Lele bioflok ini ternyata lebih bergizi dari pada lele biasa. Rasanya akan lebih nikmat dan nilai jualnya lebih tinggi. Caranya memang terdengar lebih rumit dari pada budidaya lele biasa.

Tapi sebenarnya cara bioflok sangat mudah dan bisa dilakukan oleh pemula. Anda bisa langsung membudidayakan lele dalam jumlah banyak. Jika anda membutuhkan bibit lele unggul, kunjungi saja https://ikanfarm.com.

Lele ini jauh lebih menguntungkan untuk dibudayakan karena tidak mudah mati dan stres. Anda pun tidak harus sering membersihkan air karena lele bisa hidup dalam air keruh.

Demikianlah informasi tentang teknik budidaya ikan lele bioflok pasti berhasil yang semoga bermanfaat.

MULAI BISNIS TRAVEL ONLINE DAN DAFTARKAN SEGERA DI PADI UMKM BAGIAN II

MULAI BISNIS TRAVEL ONLINE DAN DAFTARKAN SEGERA DI PADI UMKM BAGIAN II
MULAI BISNIS TRAVEL ONLINE DAN DAFTARKAN SEGERA DI PADI UMKM BAGIAN II
Summer holiday booking online concept with flat icons. Vector illustration

Bisnis travel online adalah pilihan yang sangat berpeluang. Besarnya permintaan dari pasar akan membuat bisnis ini cukup menguntungkan. Bisnis travel ada bermacam-macam. Pebisnis yang ingin terjun di bisnis travel dapat memilih jenis bisnis travel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sebenarnya untuk melakukan bisnis travel bagi pemula tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, seperti bisnis travel online.

Bisnis travel online ini sendiri sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Sebab dengan sistem online Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan elektronik yaitu komputer dan jaringan internet serta printer. Bisnis travel online juga dapat dikenal secara luas karena cara promosinya melalui internet. Pembuatan website yang menampilkan informasi tentang agen travel dan paket-paket perjalanan dapat menjadi media promosi paling efektif. Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin menjalankan usaha travel berbasis online:

Tips ketiga, Ciptakan brand yang menarik. Setiap bisnis memang membutuhkan nama atau brand untuk bisa menarik para konsumen. Selain untuk menarik konsumen, brand usaha ini juga akan berguna bagi para konsumen untuk memudahkan mereka mencari alamat usaha atau website ataupun agen Anda. Maka ketika Anda ingin membuka bisnis travel online ini, pastikan Anda memiliki brand atau nama usaha yang baik.

Tips keempat Memberikan promo yang menarik, Harga memang akan selalu menjadi acuan bagi para konsumen. Apalagi bisnis ini yang sudah banyak yang menjalankannya. Maka dari sini persaingan pun akan tercipta dan menjadi sengit. Anda sebagai pelaku usaha travel online ini harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi hal ini. Salah satu cara untuk bisa memenangkan persaingan ini adalah menawarkan harga yang menarik. Anda bisa memberikan harga promo pada momen tertentu atau potongan harga atau diskon dengan sebuah persyaratan dan ketentuan khusus.

Tips kelima Berikan pelayanan yang terbaik, Agar bisnis ini berjalan dengan lancar, Anda harus melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Pada bisnis travel online ini Anda bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan yang terbaik. Jangan sampai membuat konsumen menunggu terlalu lama saat mereka ingin mendapatkan jawaban dari permasalahan atau pertanyaan yang disampaikan

Bisnis travel sendiri adalah bisnis yang memerlukan ketelitian dalam pengelolaan pembukuannya. Agar sistem keuangan yang terdiri dari kas besar, kas kecil dan petty cash dapat terkontrol dengan baik, Anda memerlukan software pembukuan seperti Jurnal yang memberikan kemudahan dan keakuratan dalam pengelolaan keuangan bisnis travel berbasis online Anda.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang pergi berliburan untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Tidak ada salahnya untuk berbisnis travel yang menguntungkan ini. Tentu saja dengan strategi-strategi jitu yang telah disebutkan agar bisnis travel Anda mendatangkan banyak pelanggan dan tetap bertahan. Namun jika anda ingin terjun di bisnis ini sebaiknya ketahuilah dasar mengenai traveling, perjalanan wisata, serta perjalanan wisata dalam negeri maupun luar negeri.Temukan tips selanjutnya seputar bisnis travel di artikel berikutnya, bagi anda yang pemula dan ingin memulai bisnis travel harus memperhatikan tips membuka bisnis travel online ini agar sukses dan mendapatkan banyak pelanggan, namun anda juga bisa mendaftarkan vendor anda di PaDi UMKM agar bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang besar dan siap menstabilkan keuangan vendor anda.

Bisnis Online Overhead Rendah Dan Margin Tinggi

gambar unggulan

Sebuah bisnis online akan sering memungkinkan Anda untuk menghilangkan beberapa biaya besar yang terkait dengan bisnis offline. Anda tidak hanya dapat menghilangkan hal-hal seperti kantor atau ruang ritel yang mahal dan komitmen sewa jangka panjang, tetapi Anda juga dapat menghilangkan keharusan mengikat uang Anda dalam persediaan stok. Perjanjian drop-shipping dengan produsen atau pengaturan manufaktur-ke-pesanan dapat sangat mengurangi risiko keuangan Anda dan akan memungkinkan Anda untuk mempertahankan margin yang lebih konsisten dengan biaya dimuka yang lebih sedikit.

Bayangkan jika Anda memiliki bisnis yang menjual topi dan Anda membawa lima variasi: merah, biru, hijau, kuning dan oranye. Di lokasi fisik batu bata dan mortir Anda perlu menyimpan semua variasi dalam stok karena Anda tidak tahu topi apa yang akan dibeli oleh orang-orang yang berjalan melewati pintu Anda. Jika topi kuning tidak laku, Anda terpaksa mendiskonnya dan merugi. Menjual topi yang sama melalui drop-shipping berarti Anda tidak akan dibiarkan memegang barang dagangan yang belum terjual yang telah Anda bayar.

Dengan media sosial yang dipikirkan dengan matang, pengoptimalan mesin telusur, dan strategi media berbayar, bisnis online dapat berkembang. Anda memiliki akses ke seluruh dunia tepat di ujung jari Anda. Kemewahan untuk dapat menargetkan negara bagian, wilayah, dan negara tertentu memberikan keunggulan bagi bisnis berbasis online.

Baik Anda lelah bekerja untuk orang lain, atau hanya ingin bersemangat dengan pekerjaan Anda, bisnis online mungkin cocok untuk Anda.

Bisa ditebak, keuntungan terbesar menjalankan bisnis online Anda sendiri adalah Anda bisa bekerja dari rumah, dan Anda bisa mengatur jadwal Anda sendiri. Jika Anda ingin bekerja empat hari seminggu, bukan lima, Anda bisa. Jika Anda lebih suka tidur larut malam daripada pergi ke rapat pagi-pagi, Anda juga bisa melakukannya.

Bisnis online juga berarti Anda bekerja untuk diri sendiri. Anda membuat keputusan tentang klien mana yang bekerja dengan Anda, berapa harga yang Anda tetapkan, dan inventaris atau layanan apa yang Anda tawarkan. Anda mengontrol semua aspek bisnis, sehingga semua pekerjaan yang Anda lakukan secara langsung menguntungkan Anda, bukan orang lain.

Jadi Anda telah memutuskan ingin memulai bisnis online. Tetapi jenis bisnis apa yang paling masuk akal untuk bakat, minat, pengalaman, dan ketersediaan Anda?

Untungnya, ada banyak pilihan dengan biaya awal yang rendah, dan Anda dapat memulai bisnis online ini sambil mengerjakan pekerjaan penuh waktu Anda. Jadikan itu sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan Anda atau membangun bisnis online yang menggantikan pekerjaan penuh waktu Anda.

Internet dipenuhi dengan cara menghasilkan uang. Apakah Anda ingin menjual kerajinan Anda di Etsy, menggunakan keterampilan teknis Anda untuk membuat tema situs web, atau menulis posting media sosial, ada banyak ide bisnis online untuk dicoba.

Gunakan apa yang telah Anda pelajari dalam karir Anda untuk membangun bisnis baru Anda.

Di sisi lain, mungkin Anda memiliki hobi yang ingin Anda kejar sebagai pekerjaan penuh atau paruh waktu. Mungkin Anda menyukai makanan, perjalanan, atau mode. Jenis minat ini membuat konten yang bagus untuk blog atau saluran YouTube.

Tentu saja, penting untuk mempertimbangkan lebih dari sekadar apa yang Anda ketahui dan sukai. Anda juga harus memikirkan apa yang dapat membuat Anda memiliki cukup uang untuk menambah atau berhenti dari pekerjaan harian Anda. Jika Anda mencoba membangun bisnis di niche yang terlalu kecil atau spesifik, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak dapat menghasilkan uang.

Pakan Alternatif Ikan Nila Berkualitas Agar Cepat Besar

gambar unggulan

Pakan alternatif ikan nila berkualitas sangat penting. Selain untuk menghemat biaya operasional, hal ini juga berguna agar ikan cepat besar.

Pemilihan ikan nila sebagai ikan yang hendak anda budidayakan adalah pilihan yang tepat sebab tak begitu sulit untuk mencari pakannya. Sebagai ikan air tawar omnivora, ikan nila dapat memakan apa saja mulai dari hewan hingga tumbuhan.

Jika anda tak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pakan berupa pelet, maka makanan alami adalah alternatif yang sangat tepat karena biaya yang dikeluarkan nyaris nol. Di habitat alaminya sendiri ia biasa memakan plankton, fitoplankton, tmbuhan kolam seperti azolla, dan hydrila.

pakan alternatif ikan nila

Jika anda mempunyai sisa bahan dapur yang tak terpakai anda dapat melemparkan ke kolam untuk disantap oleh ikan nila. Namun tak sembarang tumbuhan dan hewan mau dimakan oleh ikan nila oleh sebab itu anda harus mengetahui dan jeli melihat peluang makanan yang bisa dimakan oleh ikan nila.

Ragam Pakan Alternatif Ikan Nila

Pakan yang dijelaskan disini adalah pakan ikan nila yang tak hanya membuat ikan nila kenyang namun mencukupi nutrisinya. Berikut pakan alternatif ikan nila:

Larva Magot

Magot dikenal sebagai hewan yang menjijikan yang suka memakan buah buahan yang sudah membususk. Ternyata larva dari magot ini dapat digunakan sebagai pakan bibit ikan nila. Sebagian orang bahkan memburu larva magot ini karena kadar protennya yang sangat tinggi.

Protein yang dimiliki oleh magot sendiri sebesar 45%. Karena hal terseblah sebagian orang melakukan budidaya magot untuk menjual larvanya ke pembdidaya ikan sebagai pengganti pelet.

Tepung Cacing

Tepung cacing dapat dibuat sendiri dengan cara menjemur cacing sampai kering dibawah sinar matahari langsung, kemudian ditumbuk hingga menjadi tepung.

Selanjutnya tepung caing sudah dapat digunakan. Sebaiknya timbang terlebih dahulu tepung cacingnya untuk memastikan kebutuhan tepung untuk ikan nila.

Sisa Roti

Jika anda memiliki roti yang telah kadaluarsa, anda dapat menggunakan roti tersebut sebagai pakan alternatif ikan nila. Anda dapat memanfaatkan sisa roti menjadi sesuatu yang lebih berguna yakni pakan ikan nila. Meskipun yang diberikan adalah roti kadaluarsa namun tak akan berefek buruk bagi ikan nila.

2 Model Modern Menggunakan Jepitan Rambut Belakang

20 2

Sedang mencari gaya rambut yang mudah ditata? Sanggul dan kepang mungkin bisa menjadi salah satu alternatif terbaik saat kita tak memiliki banyak waktu atau enggan pergi ke salon.

Karena untuk menata gaya tersebut, kita bisa menggunakan claw clip yang sederhana, yang mana sudah menjadi salah satu jepitan rambut belakang paling banyak digunakan saat ini.

Claw clip sendiri dapat digunakan pada rambut tebal maupun tipis, serta panjang dan pendek tersedia dalam berbagai macam ukuran.

Penggunaannya yang super cepat menjadi salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan. Jika tak percaya, coba saja pilih jepitan rambut belakang berjenis claw clip yang bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Declip, yaitu toko aksesoris rambut online paling murah.

Penggunaan claw clip dalam jangka panjang juga cenderung tak akan membuat kita sakit kepala. Efek ini berbeda dari jepitan rambut seperti karet gelang yang juga seringkali meninggalkan aroma karet yang mengganggu pada rambut kita.

Lebih sedikit kerusakan yang terjadi, dan bisa memilih warna favorit karena tersedia dalam varian yang berbeda.

Jika ingin nampak berkamuflase, maka pilihlah jenis warna yang sama dengan warna rambut kamu saat ini.

Rekomendasi Gaya

Demi menciptakan nuansa kasual dan elegan pada saat bersamaan, maka sebaiknya menggunakan claw clip yang lebih kecil dan tarik helaian rambut kamu ke belakang secara melonggar.

Ini akan memberikan kesan penuh sekaligus membantu menjauhkan rambut dari area mata yang mengganggu penglihatan kita.

Gaya kasual elegan ini pun bisa kita aplikasikan pada rambut panjang dan pendek, serta tebal dan tipis. Benar-benar fleksibel!

Jika masih belum terbayang, ada dua jenis elegan kasual yang paling difavorikan, yaitu:

  • Sanggul modern
  • Pony Tail Modern

Disebut modern karena tidak nampak jadul dan lebih diberi mode baru di beberapa area.

Misalnya untuk sanggul modern, kita bisa membuatnya dengan menyelipkan cakar tepat di ujung bawahnya, sehingga tak nampak seperti sanggul tradisional.

Sementara untuk Pony Tail modern biasanya hanya menarik area poni dan bagian atas ke belakang, sementara bagian kiri kanan masih terjuntai dengan begitu indah. Tujuannya hanya untuk mencegah bagian rambut depan menghalangi penglihatan.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mencari Sekolah Bisnis Terbaik di Jakarta

sekolah bisnis terbaik di jakarta

Setiap siswa ingin mendaftar di sekolah bisnis terbaik di Jakarta. Indonesia adalah tempat yang tepat jika Anda berencana untuk mengejar karir di bidang bisnis. Negara ini tidak hanya menawarkan pantai terbaik, tetapi juga budaya yang unik dan hidup. Bentang alam negara yang beragam dan banyak keajaiban alam telah menjadikannya tujuan tidak hanya bagi warga negara Indonesia, tetapi juga wisatawan dari seluruh dunia. Tidak masalah jika Anda seorang pelajar yang sedang mencari sekolah atau pebisnis yang ingin membuka bisnis di sini, karena Anda berdua dapat dengan mudah menemukan apa yang Anda inginkan di sini.

Jakarta adalah tempat yang bagus untuk tinggal apakah Anda sedang dalam perjalanan bisnis atau hanya mengunjungi negara untuk kunjungan tahunan. Kota adalah tempat yang bagus untuk melakukan bisnis. Indonesia sebenarnya adalah negara berkembang sehingga banyak peluang yang tersisa untuk ditemukan oleh para wirausahawan masa depan. Bisnis di Indonesia tidak terlalu sulit untuk dimulai asalkan Anda memilih bisnis yang baik dan terpercaya. Sekolah bisnis terbaik akan membekali Anda dengan semua alat yang diperlukan agar Anda dapat membangun bisnis Anda sendiri di tempat yang bagus ini.

Sekolah Bisnis Terbaik di Jakarta – Kesempatan yang Baik Untuk Belajar Bisnis

sekolah bisnis terbaik di jakarta

Sekolah bisnis di Jakarta akan memberikan banyak kesempatan kepada siswa. Setelah mereka lulus dari sekolah, mereka dapat mencari pekerjaan di berbagai tempat seperti pemasaran afiliasi, manajemen franchisee, call center dan banyak lagi. Mereka juga memiliki pilihan untuk menjadi wiraswasta dan menjalankan bisnis mereka sendiri. Dengan begitu banyak kemungkinan, mendapatkan gelar bisnis di sekolah bisnis yang sangat baik di Jakarta pasti akan menguntungkan Anda dan masa depan Anda.

Selain pendidikan yang sangat baik, sekolah bisnis di Jakarta akan memungkinkan Anda untuk berjejaring dengan orang lain yang sukses dalam hidup. Dengan cara ini, Anda akan bisa belajar banyak dari pengalaman pengusaha lain. Melalui diskusi dengan mereka, Anda juga akan dapat mengambil konsep yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam usaha bisnis Anda. Dan memiliki kontak akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda setelah Anda memulainya.

Ada banyak orang yang tertarik dengan kursus bisnis. Namun, ada beberapa yang tidak memiliki sarana keuangan untuk menghadiri kelas. Untuk siswa seperti Anda, pendidikan swasta mungkin yang terbaik untuk Anda. Ini karena Anda akan tetap menerima pelatihan dengan kualitas yang sama seperti yang Anda dapatkan di sekolah bisnis di Jakarta.

Lokasi yang Strategis

Saat Anda mencari sekolah bisnis terbaik di Jakarta, Anda harus mempertimbangkan lokasinya. Ini karena sejumlah besar perusahaan mengharuskan siswanya menghadiri kelas yang dekat dengan pusat kota. Selain itu, jarak tidak akan mempengaruhi Anda karena Anda masih bisa mendapatkan pendidikan berkualitas baik dalam kenyamanan rumah Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bolak-balik atau bepergian selama berjam-jam hanya untuk belajar. Selama Anda siap untuk memprioritaskan studi Anda, mengambil kelas online dari sekolah terkemuka akan menjadi keuntungan besar bagi Anda. Semua penjelasan yang ada di atas, tersedia di domoacademy. Segera cari informasi mengenai domoacademy agar Anda tidak kehilangan kesempatan untuk belajar di sekolah bisnis terbaik.

Pada akhirnya, ketika Anda siap untuk mulai mencari sekolah bisnis terbaik di Jakarta, Anda harus mengingat faktor-faktor yang disebutkan di atas. Anda pasti akan menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwal Anda. Setelah Anda memiliki semua informasi yang diperlukan, Anda dapat dengan mudah mendaftar dan melanjutkan karir baru Anda.

Panduan Memelihara Ayam Kampung untuk Usaha Rumahan

gambar unggulan

Pada dasarnya memelihara ayam kampung dan ayam ras tidak sama. Hal ini karena dua jenis ayam ini yang berlainan. Dari segi karakternya sendiri keduanya berbeda.

Ayam kampung merupakan jenis ayam yang masa bertelurnya relatif lebih rendah, yaitu hanya sekitar 115 butir setiap tahunnya.

Jika ayam ras menggunakan sistem kandang, maka ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang memerlukan sistem umbaran atau lahan bebas untuk peternakannya.

Cara Memelihara Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan jenis hewan unggas ayam yang nilai jualnya lebih tinggi dari ayam ras. Berikut ini adalah beberapa cara ternak ayam kampung yang bisa anda coba lakukan.

Sistem Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung untuk budidayanya terdiri dari dua jenis sistem ternak. Masing-masing adalah sistem umbaran dan sistem semi intensif.

memelihara ayam kampung

Untuk sistem umbarannya sendiri anda bisa mencoba untuk beternak ayam kampung dengan cara mengumbarnya ke pekarangan rumah anda. Setelah itu memasukannya ke dalam kandang pada waktu sore hari.

Sementara untuk memelihara ayam kampung sistem semi intensif anda bisa menggunakan cara kandang dengan tipe seperti pekarangan. Kandang model ini berupa pekarang yang didalamnya terdapat area tanah yang dikelilingi pakar dan hamparan rerumputan.

Pakan Ayam Kampung

Jika ayam kampung sudah memasuki usia 0-2 bulan, anda bisa menggunakan pakan ayam broiler. Namun jika sudah masuk umur diatas 4 bulan, bisa menggunakan pakan layer dan dedak dengan perbandingan 1:2.

Sementara untuk jenis pakan ayam yang masuk periode bertelur, anda bisa mencoba memberi pakan campuran layer dengan dedak, yang memiliki perbandingan 1 : 1.

Untuk lebih menekan biaya, Anda perlu membeli pakan dari toko pakan ternak ayam dan ikan terpercaya. Perhatikan komposisi nutrisi pakannya untuk disesuaikan dengan umur perkembangan ternak ayam anda.

Masa Penjualan

Biasanya ayam kampung bisa dikonsumsi, jika sudah melewati usia 8 bulan, dan jika sudah 12 bulan, biasanya dagingnya terasa lebih alot dan kebanyakan akan lebih mengarah pada pemanfaatnan telurnya saja.

Demikian ulasannya untuk apa saja cara memelihara ayam kampung yang penting diperhatikan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai panduan umum beternak ayam kampung.

Cara Ternak Ikan Koi yang Terbukti Menghasilkan Profit

gambar unggulan

Cara Ternak Ikan Koi – Para pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan ikan warna unik berasal dari Jepang yang bernama koi. Anda mungkin tidak hanya ingin memeliharanya saja, tetapi ingin juga mencoba ternak ikan koi.

Hobi memelihara ikan hias ini akhirnya bisa mendatangkan profit yang besar jika dilanjutkan dengan membudidayakannya. Karena penjualan yang ramai tentang ikan koi, pastinya budidaya ikan Jepang ini juga sangat menarik.

5 Cara Ternak Ikan Koi yang Menghasilkan Cuan

Untuk meraih omset maksimal dari usaha budidaya ikan, maka Anda harus memperhatikan cara ternak ikan koi berikut ini :

1.Menyiapkan Kolam

Siapkan kolam koi dengan bagian bawah diplester untuk tempat tinggalnya. Pastikan kolam mendapat sinar matahari yang cukup. Jaga dengan baik saluran air pada kolam.

cara ternak ikan koi

Dekat saluran air tersebut harus dipasang saringan halus agar anak-anak ikan koi tidak terbawa hanyut oleh air.

2.Memilih Indukan Berkualitas

Jika ingin membudidaya ikan koi maka harus tahu cara memilih indukan yang berkualitas.

Ciri-cirinya adalah memilih indukan sehat, bentuk tubuh ideal, gaya berenang tenang serta seimbang, dan warnanya cerah. Anda juga bisa mengawinkan ikan koi dengan ikan koi milik teman.

3.Proses Memijahkan

Cara memijahkan ikan koi yaitu menyediakan lebih dari satu pejantan. Tujuannya untuk mengantisipasi pejantan yang sedang kurang sehat. Namun jika kesulitran Anda bisa membelinya dari toko yang jual bibit ikan koi terdekat.

Siapkan sekitar 3-5 ekor pejantan. Kemudian masukan indukan betina ke dalam kolam pemijahan. Masukn indukan sekitar jam 4 sore.

Pemijahan berlangsung dini hari sampai pagi hari. Angkatlah indukan untuk mengurangi resiko kematian telur karena dimakan induknya. Biarkan telur sampai menetas.

4.Menjaga Kebersihan Kolam

Kolam yang keruh berasal dari kotoran ikan walaupun sudah dipasng filter. Jadi Anda harus membersihkannya secara berkala selama budidaya ikan koi. Perhatikan juga suhu airnya agar ikan merasa nyaman.

5.Membatasi Jumlah Ikan

Koi termasuk jenis ikan yang membutuhkan ruang gerak cukup besar agar pertumbuhannya cepat. Jika jumlahnya banyak maka pertumbuhnnya juga terhambat.

Dengan begitu, batasi jumlah ikan dalam satu kolam dengan memindahkannya pada kolam lainnya.

Ikan koi menarik banyak pecinta ikan karena bentuk dan warnanya yang lucu. Anda pun bisa memperbanyak jumlah ikan hias tersebut dengan cara ternak ikan koi dan bisa menghasilkan cuan.

Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal yang Murah Tapi Efektif

gambar unggulan

Cara budidaya ikan lele di terpal saat ini sedang popular. Selain biayanya yang murah, hasilnya juga efektif dan menguntungkan. Apalagi ternak lele tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit serta cepat panen.

Hal inilah yang membuat tren ternak lele semakin digandrungi dibandingkan dengan ternak ikan lainnya. Namun dengan banyaknya pemasok ikan lele, sebagian khawatir harga ikan lele yang jatuh.

Pecel lele terus bermunculan di pinggir jalan dan tak pernah sepi pelanggan. Pecel lele adalah konsumen utama dari budidaya ikan lele. Ini adalah peluang usaha yang cukup menggiurkan sebab ini adalah usaha komoditas yang tak kenal musim dan sangat stabil.

cara budidaya ikan lele di terpal

Kenyataannya harga ikan lele tidaklah jatuh sebagaimana yang dikira. Yogyakarta adalah contoh salah satu daerah yang selalu kekurangan pasokan ikan lele sehingga perlu daerah lain untuk memasoknya.

Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal

Lalu bagaimana cara budidaya ikan lele di terpal? Berikut ulasannya yang sebaiknya Anda tahu:

Siapkan Kolam Terpal

Kolam terpal memiliki keunggulan dapat dibuat di lahan terbatas. Bagian sisi kerangkanya dapat menggunakan bambu atau kayu sehingga menyerupai wadah berbentu persegi ataupun berbentuk bulat.

Ini sangat cocok bagi anda yang ingin mulai budidaya ikan lele denga budget minim. Belilah terpal yang mempunyai kerapatan tinggi sehingga tak mudah bocor dan awet. Cuci terlebih dahulu terpal yang sudah dibeli untuk menghilangkan zat kimia yang ada.

Penebaran Benih Lele

Dalam budidaya lele dengan terpal benih jangan langsung disebar. Terutama jika Anda membelinya dari tempat pendederan yang jual bibit ikan lele terdekat.

Sebaiknya rendam terlebih dahulu plastik yang berisi benih lele di kolam untuk mereka beradaptasi dengan suhu air yang baru agar tidak mengalami stres.

Untuk ukuran 2 x 1 x 1 meter dapat diisi oleh 1000 benih lele dumbo atau sangkuriang dengan ukuran 1,5 – 2 inchi.

Perawatan Lele

Meskipun lele lebih suka di kolam yang keruh, namun jangan abaikan kebersihan air sebab air yang kotor yang dipenuhi oleh kandungan amonia akan membunuh lele secara masal.

Maka sirkulasi air harus senantiasa terjaga dengan baik. Lele diberi makan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada cara budidaya ikan lele di terpal ini jangan lupa memberikan obat-obatan untuk mencegah lele terjangkit virus dan bakteri.

Cara Ternak Ikan Hias yang Penting Anda Tahu

gambar unggulan

Menjalankan usaha ternak ikan hias memiliki prospek yang sangat potensial. Banyak orang yang menyukai ikan yang bentuknya cantik dan lucu ini. Karena itu anda perlu melakukan persiapan jika ingin menjalankan usaha ini.

Cara Ternak Ikan Hias

Untuk Anda yang ingin mencoba usaha yang jual bibit lele, nila, ataupun ikan hias banyak hal yang sebaiknya Anda siapkan. Nah, berikut ini beberapa tips mudah cara ternak ikan hias yang penting anda tahu.

ternak ikan hias

Fokus Pada Satu Bisnis

Ketika Anda sudah memulai satu bisnis disarankan untuk fokus terhadap satu bisnis terdahulu. Fokus pada satu bisnis membantu Anda untuk bisa maksimal dalam menjalankannya sehingga Anda bisa meraih keuntungan yang banyak dari bisnis yang Anda jalankan.

Misalkan jika Anda baru memulai bisnis ikan hias, jangan muluk – muluk menjalankan bisnis di berbagai lini. Misalkan menjual ikan hias sekaligus menjual makanan karena Anda akan kesulitan fokus dan tidak bisa memaksimalkan ekspansi bisnis Anda.

Oleh sebab itu, memulai bisnis perlu fokus. Jalankan dulu satu bisnis dan pastikan bisnis di satu lini tersebut sukses terlebih dahulu. Jika Anda sudah bisa pastikan sukses, baru Anda bisa mulai bisnis di lini yang lainnya.

Tidak Menunda-Nunda Bisnis

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan bisnis Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk berbisnis dan sudah merancang  strategi pemasaran, memiliki pengetahuan tentang bisnis yang dijalankan dan memutuskan untuk fokus terhadap satu bisnis maka langkah selanjutnya adalah memulai bisnis.

Banyak orang yang memiliki ide bisnis banyak akan tetapi hanya sedikit orang yang mengeksekusinya, oleh karena itu segera mengerjakan dan tidak menunda-nunda adalah kebiasaan orang-orang sukses.

Memilih Strategi Pemasaran

Sebelum memulai bisnis, Anda harus menentukan strategi pemasaran ikan hias Anda. Di era digital seperti saat ini Anda bisa memanfaatkan e-commerce dan beberapa akun media sosial yang Anda miliki untuk menunjang bisnis Anda.

Jika Anda memanfaatkan e-commerce maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menjual bibit dan beberapa perlengkapan pemeliharaan ikan hias. Namun jika Anda ingin bisnis ikan hias Anda lebih popular, Anda bisa bergabung ke dalam komunitas pecinta ikan di media sosial seperti di facebook.

Demikianlah beberapa tips bisnis ikan hias yang Anda harus perhatikan dan jalankan. Jangan ditunda  – tunda dan semoga kesuksesan bersama Anda.