4 Obligasi yang Diterbitkan oleh Lembaga Asing

obligasi adalah sertifikat atau surat berharga yang berisi perjanjian antara emiten dengan investor. Emiten adalah perusahaan peminjam dana dan investor adalah pemberi pinjaman dana. Biasanya obligasi memiliki jangka waktu tetap, lebih dari 10 tahun.

Untuk obligasi dengan jumlah besar akan ditawarkan secara luas ke publik, bahkan bisa dibeli oleh orang atau lembaga yang berada di luar negeri. Oleh sebab itu, ada jenis obligasi asing dan dalam negeri. Kali ini kami akan membahas mengenai 4 jenis obligasi dari lembaga asing.

Obligasi Lembaga Asing

Sebuah perusahaan, lembaga keuangan seperti bank, pemerintah atau lembaga berwenang lainnya bisa menerbitkan surat utang dalam mata uang tertentu agar lebih stabil, karena mata uang domestiknya sering mengalami fluktuasi atau memiliki daya tawar rendah. Obligasi seperti ini memberikan daya lindung nilai terhadap risiko perubahan nilai tukar. Beberapa contohnya adalah:

1. Obligasi Kangguru atau Kangguru Bond

Obligasi adalah surat utang yang memiliki berbagai jenis, salah satunya Kangguru Bond yaitu surat utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi dari luar Australia untuk diperdagangkan dalam bursa pasar Australia dengan menggunakan dolar Australia atau AUD.

Banyak perusahaan menerbitkan obligasi dengan mata uang lain untuk memperluas basis investasi dengan mengumpulkan dana di yuridiksi lain. Misalnya, investor Indonesia berinvestasi di pasar domestik Australia.

2. Obligasi Eurodollar atau Eurodollar Bond

Meskipun memiliki nama dua mata uang asing, ternyata eurodollar bond berasal dari London. Eurodollar bond diterbitkan oleh perusahaan yang berada di luar negeri dengan entitas asing dan dimiliki di luar negeri. Mata uang yang digunakan adalah milik Amerika yaitu dollar (USD).

Obligasi jenis ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan multinasional karena memberikan keuntungan bagi perusahaan sebagai sumber pembiayaan utang yang sangat penting di seluruh dunia.

3. Obligasi Maple atau Maple Bond

Jenis obligasi ini bertransaksi di pasar sekunder dan memberikan akses pada investor asing masuk ke pasar utang Kanada. Keuntungan membeli obligasi ini adalah mendapatkan akses bagi penerbit obligasi asing untuk mendapatkan investor dan memberi investor Kanada kesempatan berinvestasi di perusahaan asing tanpa kekhawatiran akan fluktuasi valuta asing.

4. Obligasi Samurai atau Samurai Bond

Selanjutnya, ada obligasi domestik di Tokyo, Jepang, dengan menggunakan mata uang yen. Suku bunga Jepang yang rendah merupakan alasan investor memilih berinvestasi di jenis obligasi ini.

Sederhananya cara kerja samurai bond adalah memberikan kesempatan pada penerbit asing untuk menerbitkan obligasi di pasar domestik. Selain samurai bond, juga terdapat obligasi Yankee, shogun bond, dan ninja loan yang mengikuti kebijakan pasar domestik Jepang.

Sebenarnya, masih ada jenis obligasi lainnya yang diterbitkan oleh lembaga asing, seperti formosa bond dan panda bond. Adanya berbagai jenis obligasi adalah keuntungan tersendiri bagi investor karena bisa memilih untuk membeli obligasi paling menguntungkan.